Friday, October 3, 2014

Tips Merawat Komputer atau Laptop Agar Awet

Tips Merawat Komputer atau Laptop Agar Awet - Laptop atau komputer adalah sebuah barang berharga yang sangat banyak manfaatnya dan bisa membantu kita dalam banyak sekali pekerjaan kantor, tugas sekolah atau untuk sekedar sarana hiburan saja, namun untuk apapun itu komputer atau laptop merupakan barang pribadi yang perlu perawatan yang cukup khusus.
Cara merawat laptop

Namun banyak orang malah sering tidak peduli dan memperlakukan laptopnya dengan sangat sembarangan, alhasil mereka akan merasa menyesal setelah ada masalah muali muncul dari laptop mereka, nah sebelum itu terjadi alangkah baiknya selagi laptop anda masih baru atau setidaknya normal anda melakukan beberapa cara berikut ini.

Tips Merawat Komputer atau Laptop Agar Awet

1. Jaga Suhu Laptop.
Sebuah Laptop memiliki sebuah otak yang dinamakan prosesor, bagian mesin atau hardware inilah yang sering sekali panas, karena peranya yang sangatlah vital maka tentu kita harus atur atau jaga suhunya, yakni dengan menggunakan sebuah kipas atau blower. Sudah sangat banyak sekali kipas duduk yang kini dijual bahkan sudah banyk inovasi dari segi bentuk yang bisa sekaligus meja laptop.

2. Jangan Masukan Tas Setelah Habis Pakai.
Ini yang sering dilakukan banyak orang yakni setelah melakukan penggunaan berjam-jam yang otomatis membuat mesin panas namun selalu langsung dimasukan kedalam tas, ini merupakan tindakan yang salah karena suhu pada laptop tidak akan turun malah terungkab oleh tas, dan ini bisa menyebabkan kerusakan komponen listrik.

3. Pasang Antivirus.
Mau tidak mau virus selalu mengancam setiap saat, baik saat transfer file lewat flasdisk atau virus dari internet maka gunakan Antivirus yang benar-benar baik, sering sekali orang salah dengan memasang banyak antivirus yang kinerjanya kurang baik atau antivirus yang sudah expired malah dengan itu akan memberatkan komputer, jauh lebih baik menggunakan satu antivirus dengan kinerja maksimal dan lakukan scaning secara berkala.

4. Jaga kebersihan Laptop.
Selanjutnya mengenai kebersihan laptop, setiap laptop memiliki bentuk yang berbeda dan hati-hati dengan jenis laptop dengan bentuk banyak rongga menuju mesin karena ini akan sangat rentan sekali terkena debu, dan jangan pernah sekali-kali menggunakan laptop diatas karpet atau kain karena selain akan mebuat panas juga akan menyedot debu sehingga akan menumpuk dalam mesin yang memancing kerusakan.

5. Jaga Baterai.
Baterai adalah salah satu komponen dari laptop yang sering sekali mendapat masalah apalagi akalu bukan drop,ini disebabkan penggunaan berlebihan seperti games atau bisa juga karena charge yang berlebihan, jadi penggunaan yang baik ialah charge hingga penuh setelah penuh cabut dan gunakan hingga baterai sampai 20%-30% untuk kembali dicharge, jangan biarkan laptop mati karena kehabisan baterai karena ini sangat berdampak pada daya tahan baterai.

Nah itu saja yang bisa saya sampaikan semoga dapat membantu anda semua sekian saja tips dari saya mengenai Tips Merawat Komputer atau Laptop Agar Awet terimakasih.

No comments:

Post a Comment