Wednesday, October 23, 2013

Obat Flu Untuk Ibu Hamil

Obat Flu Untuk Ibu Hamil - Perubahan dalam sistem kekebalan pada ibu hamil dapat membuatnya rentang terhadap penyakit, seperti kedinginan sehingga menyebabkan flu dan juga batuk. Agar dapat mengatasi masalah ini, Anda harus melakukan berbagai macam perawatan untuk mengatasi flu tersebut sesegera mungkin agar tidak membahayakan kesehatan janin yang sedang Anda kandung.

Obat Flu Untuk Ibu Hamil

Vaksinasi flu merupakan pengobatan yang dibolehkan untuk semua wanita hamil.

  • Jika Anda telah memiliki vaksinasi flu selama kehamilan Anda akan memberikan perlindungan lebih kepada bayi setelah lahir.
  • Setelah bayi lahir, ASI akan membuat bayi tetap sehat selama Anda mengalami flu.
  • Jika gejala-gejala flu telah timbul, segera kunjungi puskesmas terdekat untuk mendapatkan pengobatan secepat mungkin.

Apakah vaksinasi memiliki efek samping ?

Efek sampingnya ada tetapi masih tergolong ringan, biasanya timbul setelah Anda mendapatkan vaksin setelah satu sampai dua hari terakhir.
Beberapa efek samping yang ditimbulkan dari vaksinasi flu adalah :
  1. Merasa nyeri, kemerahan, dan bengkak di tempat suntikan vaksin.
  2. Sakit kepala.
  3. Demam, dan
  4. Mual.

Apakah harus Anda menggunakan vaksin flu tersebut jika Anda tidak merasa baik ?

Jika Anda sedang demam, Anda harus menunggu demam Anda sembuh sebelum menggunakan vaksinasi flu tersebut. Tetapi, Anda bisa langsung mendapatkan vaksinasi flu jika Anda memiliki penyakit pernafasan tanpa demam atau beberapa penyakit ringan lainnya.

Mengapa saat hamil sangat beresiko terkena flu ?

Ini terjadi karena terjadi perubahan pada sistem imune/kekebalan tubuh Anda selama mengalami masa kehamilan yang membuat Anda lebih sensitif terserang flu. Hal ini bisa menimbulkan efek berbahaya untuk si bayi yang belum lahir, termasuk lahir prematur. Tak hanya itu, demam atau flu pada awal masa kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir.

Bagaimana cara melindungi si bayi setelah dia lahir ?

Saat si bayi sudah lahir, lindungi kesehatannya dengan cara memberikannya ASI karena dapat memberikan antibodi untuk bayi Anda. Antibodi yang terkandung dalam ASI dapat melawan berbagai macam infeksi. Didalam sebuah penelitian menunjukkan hasil bahwa bayi yang mendapat ASI lebih kebal atau kuat dari penyakit dibandingkan dengan bayi yang tidak disusui.

Jika Anda sedang terkena flu, jangan pernah behenti menyusui si bayi. Kecuali mendapat arahan oleh dokter kesehatan khusunya spesialis bayi untuk terus merawat bayi Anda ketika sedang dirawat karena terkena flu.

Jika Anda flu, apa yang harus dilakukan ?

Saat Anda terserang gejala penyakit seperti flu, cepat-cepat kunjungi puskesmas terdekat atau langsung ke rumah sakit persalinan untuk berkonsultasi dengan dokter ahlinya. Jika perlu, dokter akan memberi resep obat antivirus untuk mengobati penyakit flu Anda.

Lantas bagaimana ketika Anda harus mendapatkan perawatan darurat saat flu ?

Jika Anda benar-benar memerlukan perawatan darurat, segeralah cari bantuan medis sesegera mungkin jika Anda mengalami :
  • Kesulitan bernafas atau sesak nafas.
  • Pusing mendadak.
  • Kebingungan.
  • Nyeri atau terasa tekanan di dada atau perut.
  • Muntah yang parah atau berkelanjutan.
  • Demam yang sangat tinggi.
  • Penurunan atau tidak ada gerakan dengan si bayi yang sedang Anda kandung.

Demikian informasi kesehatan mengenai obat flu untuk ibu hamil yang semoga saja dapat mengatasi masalah Anda dengan flu saat mengalami masa kehamilan. Teruslah menjaga kesehatan Anda agar tidak mudah terjangkiti oleh penyakit dan si bayi pun akan lahir dengan sehat. Baca juga penyebab, gejala, dan mengobati anemia saat hamil.

No comments:

Post a Comment