Tuesday, June 18, 2013

Hari Pertama Mengganti Subdomain ke Domain

Setelah melakukan redirect dari subdomain blogspot ke domain .com ternyata tidak mudah. Apa saja yang harus dilakukan ketika kita sudah merubah domain dari blogger ini? Bagaimana cara mengoptimalkan Domain Baru yang saya buat? Optimasi apa saja yang perlu dilakukan dan apa cara mengoptimalkan blog yang sudah memiliki traffik bagus seperti saya ini. ( Sedikit merasa Hebat dan Bangga :D -,-' )

Itulah tadi sedikit ekspresi saya karena harus merubah semuanya atau sebagian dari awal lagi. Jadi harap maklum. Langsung ke topik utama yaitu mengenai hal apa saja yang perlu dilakukan ketika telah redirect domain dan cara setting nya. Pada pembahasan singkat ini saya akan menjelaskannya secara singkat dan berkelanjutan, dan bagian ini adalah Part 1.

mengganti domain hosting blog

Sebagai informasi tambahan untuk anda yang ingin mengganti subdomain blogspot ke domain .com , .net , .org , .web.id, .info, .co.id dan lainnya anda tidak perlu takut. Karena banyak dari para blogger indonesia yang takut akan penurunan traffik yang nanti akan dialami. Berikut adalah statistik saya sebelum merubah domain :
Alexa Rank : 29.782
Link In : 202
Pageviews/day : 3000 - 7000
Rank in Indonesia : 475
Technorati Rank : 5822
Pagerank Google : 1

Mungkin untuk sebagian orang, dengan traffik yang sudah bagus lalu pindah domain akan membuat semuanya hancur dan jatuh tetapi bagi saya tidak. Alasan pertama saya mengganti domain justru dikarenakan traffik yang sudah baik tersebut. Oleh karena itu, jangan ada asumsi mengganti domain akan memperburuk suasana tetapi kita harus rajin untuk setting semuanya dari awal lagi.

Seperti yang kita tau Domain TLD ( Top Level Domain ) memiliki prioritas yang tinggi di search engine dan mampu menjangkau hampir semua negara secara global tergantung server yang digunakan. Jadi beralih ke Domain TLD, meskipun ada resiko yang harus diambil.

Berikut ini langkah-langkah atau tahapan yang saya utamakan saat redirect subdomain to domain.
1. Setting CNAME dan A Records di CPanel penyedia layanan Domain atau hosting anda dengan benar.
2. Tunggu 6-7 jam agar blog kita sudah disalin datanya oleh search engine khususnya Google.
3. Hari Pertama jangan ubah dulu setting di Webmaster Tools.
4. Hari Kedua anda buat / submit url nama domain anda yang baru di Google Webmaster Tools.
5. Buatlah sitemap, Feed, dan setting lainnya.
6. Daftarkan nama domain anda ke Technorati directory.
7. Add a new site on Alexa.com
8. Buat lagi nama blog baru domain anda ke Bing Webmaster Tools.
9. Share ke Social Media Bookmarking
Kalau perlu submit lagi blog anda ke Add URL nya Google, Bing, dan Yahoo. Demikian dahulu informasi singkat mengenai pemindahan subdomain ke domain, untuk informasi lebih lanjut akan saya beritahukan pada artikel selanjutnya.

Code : KHQVXW83XCK2
URL  : http://impoint.blogspot.com

No comments:

Post a Comment