Sunday, June 23, 2013

Cara Mengatasi Error Sitemap Domain Blogger Baru

Cara Membuat Sitemap Blogspot / Blogger setelah melakukan custom domain, yaitu mengubah lokasi url web blog nya dari subdomain ke domain berbeda dengan memasang sitemap di blog yang masih .blogspot.com . Bagaimanakah cara mengatasi error /sitemap.xml di Webmaster Google Tools?
sitemap web blog

Sitemap ( Peta Situs ) adalah sebuah data yang berisi informasi mengenai semua url dokumen yang nantinya akan diindex kepada search engine. Cara Membuat Sitemap yaitu dengan membuatnya terlebih dahulu lalu kita informasikan kepada Tools pembantu yaitu Webmaster Google / Bing yang dalam hal ini adalah search engine yang paling populer serta memiliki fasilitas yang bisa dimanfaatkan.

Sitemap (Peta Situs) bukan merupakan daftar isi halaman juga tidak link isi website atau blog, melainkan sitemap merupakan rujukan oleh search engine untuk melakukan crawling sebuah situs web atau blog, dengan adanya sitemap dapat membantu proses indeks lebih cepat yang memungkinkan tidak ada url atau halaman yang terlewatkan oleh spiderbot ( robot search engine ).

Apa manfaat sitemap ?
Manfaat sitemap berfungsi membantu search engine / mesin pencari seperti google, bing, yahoo, ask dan baidu agar lebih mudah melakukan crawling pengindekkan segala sesuatu yang terdapat pada situs blog, halaman url link label dan lain sebagainya.

Sitemaps ternyata sangat penting guna optimalisasi search engine . Kadang kita tidak sadar bahwa ada beberapa hal yang membuat situs blog kita tidak terindex oleh robot Google , misalnya adalah link yang jelek antara setiap page di blog kita atau karena content yang terlalu berat pada sebuah blog yang membuat Googlebot tidak bisa mengindex halaman blog kita tersebut. Sitemaps dibuat untuk memudahkan Googlebot dalam mengindex seluruh isi blog atau web kita, dengan menggunakan Sitemaps Googlebot akan lebih mudah mengindex seluruh isi blog kita walaupun ada kesalahan-kesalahan yang tidak kita sadari.

Cara Membuat Sitemap pada Website :
1. Silahkan anda buat sitemap menggunakan tools dari penyedia layanan generator sitemap yaitu XML Sitemaps Generator ( Create your Google Sitemaps Online ) atau Sitemap.org
2. Silahkan upload dan letakkan pada Hosting Website anda.
3. Buat akun pada Google Webmaster Tools.
4. Tambahkan situs terlebih dahulu.
5. Pergi ke Pengoptimalan > Peta Situs
6. Submit nama halaman sitemap anda (tergantung lokasi peletakkannya pada hosting), contoh /sitemap.xml

Cara Membuat Sitemap pada Wordpress.
Untuk Cara Membuat sitemap di blogger / blogspot silahkan baca artikel di pembahasan sebelumnya pada link ini.

Sedangkan bagi anda yang telah menggunakan domain baru (TLD - Top Level Domain), ikuti panduan mengatasi error yang terjadi apabila memasukkan kode /sitemap.xml sedangkan ketika belum custom domain alias masih subdomain masih bisa.

mengatasi error sitemap

Cara Mengatasi Error yang terjadi pada Sitemap.xml di Webmaster Tools :
1. Buatlah sitemap di XML Sitemap For Blogger.
2. Masukkan URL Domain baru anda.

sitemap blogger
3. Click Generate Sitemap.
4. Kemudian Copy terlebih dahulu lokasi sitemap yang ditujukan seperti Sitemap :

http://www.impoint.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

5. Jangan tutup halaman, kemudian masukkan kode di belakang nama domain anda pada sitemap di Google Webmaster Tools. Dan tambahkan 1 feed url sitemap lagi.

Kesatu : /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Kedua : /feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc

Submit sitemap.

Silahkan tunggu hingga 1-2 hari sampai status informasinya terkirim bukan tertunda.

6. Selanjutnya Login ke Blogger.com
7. Pilih Settings lalu Search Preference
8. Pilih Custom Robots.Txt klik Enable Yes.
9. Masukkan data yang ada pada Blogger Sitemap tadi, semuanya seperti berikut :
custom robots txt sitemap
10. Simpan Perubahan tersebut.

Pada dasarnya untuk menampilkan sitemap di setiap domain harus mengupload file sitemap.xml / sitemap.html / sitemap.php namun karena kita adalah bawaan blogspot, maka sitemap ini sudah disediakan Google, dan jika terjadi error kita dapat memanfaatkan feeds atom dan rss yang dapat meninjau sitemap tersebut.

Cara Membuat Sitemap Blogspot Domain Baru, contoh gambar printscreen diambil dari dua situs blog yang menggunakan subdomain blogspot (baru dibuat selama uji coba) dengan domain blog tld yang baru, salah satunya Media Blogger ini. Semoga dapat bermanfaat, jika ada yang kurang jelas silahkan cari panduan sitemapnya disini

No comments:

Post a Comment